Minggu, 15 September 2013

Festival Kebudayaan Kotagede 2103 "Nguri nguri kabudayaan jawi"

Memang tak ada habisnya kalau ngbrolin tentang kotagede, Apalagi kalau kita ngobrolin event dan kebudayaan yang ada didalamnya, sangatlah banyak. Kotagede turut berperan aktif dalam sejarah kota Yogyakarta. Zaman dulu kotagede sebagai ibu kota Ngayogyakarta Hadiningrat (Yogyakarta/Jogja).
Mungkin dalam pertemuan kali ini kita tidak membicarakan tentang sejarah Kotagede, tetapi kita akan membicarakan tentang "Festival Kebudayaan Kotagede 2013"
Festival ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13, 14 dan 15 September 2013. Namanya juga festival, ada banyak kegiatan ataupun acara yang bernuansa kebudayaan jawa, jogja maupun yang khas dari Kotagede itu sendiri.


Acara hari pertama (13 Sept 2103) sekitar pukul 15.30 WIB dibuka langsung oleh Gubernur DIY / Sri Sultan HBX yang bertempat di Pendopo Ex Tuta, kemudian dilanjutkan arak arakan Alegoris "Bedhol Keprajan" start dari lapangan karang finish di area parkir singosaren.
Dilanjutkan malam harinya dilapangan karang ada Seni Wayang Milenium.
Tak hanya di lapangan karang tempat berlangsungnya pesta rakyat, seperti diPendopo Kajengan, Pendopo Ex Tuta, Pendopo Singosaren, Pendopo Karangduren dan Masjid Besar Mataram.


Sabtu tanggal 14 Sept 2013 bertempat diPendopo Kajengan juga mengadakan event berupa pentas seni tari, panembrama,  dan kethoprak bertema Roro Jonggrang. diPendopo singosaren juga diadakan pewayangan.
Hari minggu 15 Sept 2013  masih dilanjutkan event dilapangan karang seperti  sepeda santai jelajah wisata kotagede dan masih banyak lagi acara dalam 3 hari ini berlangsung.
Kalau weekend anda free mari sejenak berkunjung wisata Budaya Sejarah dan Agama diKota Perak (Kotagede).

Mari kita bersama sama melestarikan kebudayaan yang kita miliki, jangan sampai malah kita terlena oleh budaya luar. Kebudayaan yang kita miliki tetap harus dipertahankan untuk kebaikan anak cucu kita kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar